MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

7 Cara Mencegah Radang Tenggorokan

BY GIOVANI UNTARI 20 Jul 2022
7 Cara Mencegah Radang Tenggorokan

Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu, sangat mudah bagi kita untuk terserang penyakit satu ini. 

Beberapa gejala yang paling dirasakan saat mengalami radang tenggorokan di antaranya rasa sakit di pangkal tenggorokan, gatal, sampai sulit untuk menelan. Radang tenggorokan memang bukan penyakit serius, tetapi apabila kamu mengalaminya lebih dari tiga hari dan diiringi dengan gejala lainnya seperti demam, batuk, dan flu, maka waktunya untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.


Seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, mari kita simak 7 cara mencegah radang tenggorokan berikut ini:


1. Rajin minum air putih

Air putih memegang peranan penting dalam tubuh kita, salah satunya untuk menghindari dehidrasi. Ternyata rajin minum air putih juga dapat membantu mencegah radang tenggorokan!

Itu karena air putih membuat tenggorokan tetap terjaga kelembapannya. Air putih juga dapat menetralisir dan "membilas" zat-zat asing yang masuk ke tenggorokan.  



2. Berkumur dengan air garam

Garam merupakan salah satu bahan antiseptik alami yang aman digunakan. Berkumur dengan air garam setiap hari membantu mencegah infeksi di area mulut dan tenggorokan. 

Cara membuat larutan air garam untuk berkumur juga mudah, cukup tambahkan garam dengan air hangat. Kumur selama 30 detik hingga mengenai pangkal tengggorokan, lalu keluarkan saat selesai. 


3. Hindari makanan yang bisa memicunya

Mengonsumsi makanan yang terlalu panas, berminyak, dingin, asam, dan pedas juga dapat memicu munculnya radang tenggorokan. Tipe-tipe makanan tersebut juga dapat menyebabkan luka dan infeksi di tenggorokan. Jadi usahakan untuk menghindari mengonsumsinya secara berlebihan apabila kamu tidak ingin terserang radang tenggorokan. 




4. Tidur yang cukup

Kekurangan tidur dapat membawa banyak dampak buruk bagi tubuh. Salah satunya menurunnya imun tubuh. Dengan imun tubuh yang melemah itu artinya kita pun lebih mudah terserang penyakit, salah satunya terkena radang tenggorokan.

Beristirahatlah yang cukup dan hindari begadang agar imun tubuh tetap terjaga dan kamu tetap sehat. 


5. Konsumsi makanan yang bergizi

Masih tentang melemahnya imunitas tubuh yangg dapat memicu penyakit seperti radang tenggorokan, salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat imun adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Berhenti mengonsumsi junk food yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kita.

Apabila kamu merasa sulit untuk mengatur asupan gizi harian, kamu juga bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen multi-vitamin dan mineral. Pastikan untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter atau ahli gizi, agar mendapat suplemen yang sesuai dengan kebutuhanmu.


6. Berolahraga secara teratur

Cara mencegah radang tenggorokan selanjutnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik satu ini dapat kamu andalkan untuk meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terserang sakit. Kamu bisa mencoba melakukan olahraga favoritmu paling tidak tiga kali seminggu supaya tubuh tetap sehat dan kuat.



7. Berhenti merokok dan minum alkohol

Sama seperti makanan di poin ke-tiga, merokok dan minum alkohol secara berlebihan juga bisa mengiritasi tenggorokan. Keduanya dapat membuat tenggorokan gatal yang lama-lama bisa menyebabkan luka dan radang tenggorokan. Tidak lupa selalu gunakan masker untuk mencegah masuknya virus dan bakteri penyebab radangke area hidung, mulut, dan tenggorokan.



(Giovani Untari / Images: Dok. William Priess on Unsplash, engin akyurt on Unsplash, emy on Unsplash, Dane Wetton on Unsplash).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE