MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

#HarumkanMedsos! Ini 7 Cara Menciptakan Energi Positif di Internet

BY GIOVANI UNTARI 25 Jul 2022
#HarumkanMedsos! Ini 7 Cara Menciptakan Energi Positif di Internet

Dengan terus bertambahnya aplikasi media sosial saat ini, rasanya adalah hal yang lumrah jika kita kerap menghabiskan waktu dengan berselancar di media sosial. Entah itu untuk tujuan pekerjaan, menambah pertemanan, mencari tahu informasi terkini, atau sekadar mengisi waktu luang media, sosial memang memberikan kita banyak keseruan dengan caranya tersendiri. 


Tapi tentu, di balik hal positif tentu juga ada sisi negatif dari penggunaan media sosial. Salah satunya adalah bagaimana media sosial justru menjadi lahan subur dari aksi beauty bullying. Banyak dari kita yang sering tanpa sadar memberikan komentar bernada kebencian juga judgement pada orang sekitar dan apa yang kita lihat di media sosial. Atau yang terburuk.. kamu sendirilah menjadi korban dari beauty bullying di media sosial. #hug


WAKTUNYA #HARUMKANMEDSOS KAMU

Perasaan di-bully karena tak sesuai dengan standar sosial yang ada di masyarakat memang tidaklah menyenangkan. Tidak jarang pula banyak orang sampai merasa trauma atas komentar negatif di internet yang ia dapatkan. Berangkat dari hal ini musisi Indonesia Isyana Sarasvati dan LUX Botanicals memiliki satu gerakan bernama #HarumkanMedsos.

Movement ini sendiri bertujuan untuk mengajak perempuan Indonesia agar lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial dan berekspresi secara positif tanpa terpengaruh dengan hate comments yang ada.




Menariknya selain untuk menciptakan ruang bebas berekspresi di media sosial, satu hastag #HarumkanMedsos yang kamu pakai nantinya akan dihitung dan disumbangkan kepada NGO. Take an action!




Dan segala hal yang baik jelas tak mengenal kata terlambat. Termasuk untuk mulai menebarkan energi positif di internet dan#HarumkanMedsos kamu.


Berikut Cosmo berikan 7 cara menciptakan energi positif di media sosial:


1. Tetap jadi dirimu sendiri

Okay.. apakah kamu pernah menerima komentar buruk atas penampilan, gaya makeup, rambut, atau style berpakaian yang dianggap tidak sesuai dengan standar di masyarakat? Jika jawabannya ya, dengarkan saran Cosmo: tetaplah menjadi dirimu sendiri, babes!

Selama yang kamu lakukan bukan hal buruk dan merugikan orang lain, maka tidak perlu takut untuk tampil berbeda. Jadilah dirimu sendiri sebab setiap orang terlahir dengan pesona dan keunikannya masing-masing. Percaya dirilah dengan apa yang kamu punya dan tunjukkan pada dunia sisi charming yang kamu punya. Dan tahukah kamu, jika kepercayaan diri dapat menular ke orang lain lho. So, stay confident!




2. Abaikan, report, atau block komentar negatif yang mengganggu

Adalah hakmu untuk mengabaikan atau bahkan me-report dan block komentar (atau bahkan orang!) yang hanya membawa pengaruh negatif dalam hidupmu. Jangan sampai komentar negatif tersebut justru membuat kamu meragukan dirimu sendiri bahkan mengubah sisi unikmu demi mengikuti perkataan mereka. 

Setiap fitur media sosial sejatinya telah dilengkapi dengan fitur report secara anonim dan block. Jadi saat kamu merasa komentar dan aksi mereka sudah masuk ke ranah cyberbullying, segera ambil tindakan dan berhenti untuk menoleransi tindakan negatif tersebut! Waktunya menghentikan semua hal negatif yang hanya akan membuat kamu sedih dan overthinking.


3. Berikan komentar positif 

Kamu juga bisa memulai gerakan #HarumkanMedsos dari dirimu sendiri. Caranya? Cobalah untuk lebih sering lagi memberikan komentar positif kepada teman, orang sekitar, dan followers-mu. Atau sesimpel memberikan reaction positif berupa emoji smiley-heart pada postingan yang mereka unggah.

Meski terlihat sederhana, tapi siapa tahu langkah kecilmu tersebut dapat membuat orang merasa bahagia dan berdampak besar untuknya. 




4. Simpan untuk dirimu sendiri

Pernah dengar pepatah diam itu emas? Ada kalanya sebagai manusia kita juga mungkin tanpa sadar bertingkah buruk dan menyakiti orang lain lewat komentar diberikan. Bahkan meski kita tidak bermaksud buruk, sangat mudah menyalahartikan suatu tindakan saat berada di ranah media sosial.

Mulai sekarang apabila ada komentar buruk terhadap orang lain, cobalah untuk menahan dan menyimpannya dirimu sendiri, dear! Kita tidak pernah tahu apa usaha yang dilakukan oleh orang tersebut dan bisa saja komentar yang kita berikan ternyata bisa menyakiti hati orang lain.Komentar negatif yang mungkin tidak kita sengaja tersebut juga dapat memengaruhi kesehatan mental orang lain. 

Apabila kamu merasa bahwa orang yang kamu kenal tersebut melakukan hal buruk, cobalah mengajaknya berbicara di kehidupan nyata dibanding langsung men-judge dan memberinya komentar buruk.


5. Follow orang-orang yang memberikan pengaruh baik

Langkah selanjutnya untuk menciptakan energi positif di media sosial adalah dengan mengikuti orang-orang yang memberikan pengaruh baik. Saat ada waktu luang, cobalah untuk menyortir list following kamu untuk menentukan mana akun-akun yang masih layak untuk kamu ikuti.

Merasa tindakan unfollow terlalu harsh? Kamu juga bisa memilih opsi hide pada akun-akun yang tidak lagi sesuai dengan prinsipmu di media sosial.




6. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Salah satu penyebab mengapa orang mudah menebarkan kebencian dan komentar buruk di media sosial adalah karena rasa iri hati. Penting untuk memahami bahwa terkadang apa yang terjadi di media sosial tidaklah selamanya seindah yang orang lain posting, girls

Setiap orang pasti memiliki sisi struggle-nya masing-masing, hanya saja hal tersebut tidak selalu mereka bagikan ke media sosial. Mari berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain dan berkecil hati dengan hidupmu sendiri. Pikiran tersebut hanya akan membuat kamu menjadi tidak bahagia. Lihatlah sekitarmu, maka kamu akan menemukan orang-orang yang peduli padamu.  

Apabila masih merasa menganggu, tidak ada salahnya untuk "menghilang" sejenak dari media sosial dengan melakukan digital detox. Hapus sejumlah aplikasi media sosialmu selama beberapa hari dan lakukan lebih banyak aktivitas menyenangkan di dunia nyata. Kembalilah saat kamu sudah merasa lebih tenang. 


7. Terus sebarkan konten positif

Saat kamu merasa bahwa sulit mendapatkan vibes positif di media sosial, maka jadilah orang yang menebarkan vibes tersebut di sana. Tak harus selalu melalui hal-hal yang berat kok! Kamu bisa melakukannya dengan cara mengunggah quotes bernada positif, meme-meme lucu (serious!), atau berita positif di media sosialmu.

Kamu juga bisa mengunggah sesuatu yang kamu sukai seperti review dari drama Korea yang sedang kamu tonton atau lagu favoritmu saat ini. Ini jelas akan lebih menyenangkan untuk dilihat ketimbang kamu hanya mengunggah keluhan atau kemarahan. Sama seperti energi negatif, energi positif juga bisa menular kepada orang yang melihatnya. 




Setelahnya jangan lupa untuk menambahkan hastag #HarumkanMedsos pada setiap postingan tersebut, supaya energi positif milikmu dapat terus menyebar lebih luas lagi. Good luck!



(Giovani Untari / Images: Dok. Lookstudio from Freepik, Halayalex from Freepik, sergeycauselove from Freepik / Layout: Rhani Shakurani).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE