MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

5 Makanan yang Bisa Meredakan Pusing Mabuk Alkohol

BY GIOVANI UNTARI 30 Jul 2022
5 Makanan yang Bisa Meredakan Pusing Mabuk Alkohol

Dengan mulai banyaknya undangan untuk party dan wine night akhir-akhir ini sangat memungkinkan kamu terserang pusing di pagi hari setelahnya. Bagi sebagian orang mengatasi hangover jelas menjadi hal yang tricky. Tapi ternyata ada beberapa asupan yang bisa membantumu meredakan perasaan kurang nyaman ini secara efektif



Cosmo pun menghubung ahli nutrisi untuk mempersiapkan sejumlah makanan dan minuman yang bisa meredakan pusing akibat mabuk alkohol berikut:


1. Air putih dan elektrolit

Mulailah dengan sesuatu yang sederhana seperti minum air putih. "Alkohol bersifat diuretik sehingga sering membuat kita dehidrasi. Karena dehidrasi pula, tubuh kekurangan elektrolit termasuk sodium dan potasium. Selain air putih mengonsumsi minuman seperti lemonade atau air kelapa juga bisa membantu menggantikan cairan tubuh, nutrisi, dan mineral penting yang hilang saat mengonsumsi alkohol," jelas Prachi Shah, seorang ahli gizi sekaligus Founder dari Health Habit di India.




2. Buah berries dan cherry

Alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif, sebuah fenomena dalam tubuh yang disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi dan akumulasi jumlah reaktif oksigen (ROS) dalam sel dan jaringan. Serta berpotensi menurunkan kemampuan sistem biologis untuk mendetoksifikasi produk reaktif ini.

"Buah-buahan, terutama berries, cherry, kiwi dan delima kaya kandungan anti oksidan yang bisa membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Yang mana hal tersebut dapat meredakan gejala dari hangover," tambah Prachi.


3. Makanan yang mengandung alkalin

Menurut Payal Kothari, seorang ahli gizi pencernaan dan penulis dari buku The Gut menjelaskan bahwa putih telur serta lemak baik seperti keju, makanan kaya serat contohnya bayam, asparagus, dan jamur adalah pereda rasa pusing yang baik akibat mengonsumsi alkohol.

"Gandum atau roti gandum dengan campuran sayuran adalah pilihan yang tepat bagi para vegan, sedangkan salad tahu atau beberapa sayuran lannya juga bagus bagi mereka yang sedang diet tinggi protein dan rendah karbohidrat. Lalu ada juga greek yoghurt, kaldu tulang atau sayuran juga direkomendasikan untuk meredakan efek alkohol."




4. Jahe

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi mual setelah minum alkohol. "Cara terbaik untuk merasakan langsung manfaatnya adalah dengan dengan memarutnya ke dalam ke teh hangat. Untuk menghindari dehidrasi, usahakan juga untuk tidak mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Pilihlah teh herbal yang lebih menenangkan untuk meredakan pusing setelah minum alkohol," jelas Prachi.


5. Alpukat

Lengkapi asupan gizi setelah wild night kamu dengan memasukkan alpukat ke dalam menu sarapan bersama dengan biji-bijian, protein rendah lemak dan cairan untuk menghindari rasa tidak nyaman di perut.

"Alpukat mengandung lemak baik dan potasium yang dibutuhkan tubuh. Riset juga menunjukkan bahwa buah satu ini juga memiliki komponen yang baik untuk mencegah iritasi hati," tambah sang ahli nutrisi. Jadi alpukat di atas roti untuk sarapan? Mengapa tidak! Tambahkan juga pisang yang kaya potasium dan elektrolit.





(Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. KoolShooters from Pexels, Julia Larson  from Pexels, Adrienn from Pexels, 

Quang Nguyen Vinh from Pexels, ANTONI SHKRABA from Pexels).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE