MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

Pemerintah Korsel Izinkan BTS Tetap Manggung Meski Sedang Wamil

BY REDAKSI 02 Aug 2022
Pemerintah Korsel Izinkan BTS Tetap Manggung Meski Sedang Wamil

Pemerintah Korea Selatan memberikan keringanan bagi member BTS mengenai wajib militer yang akan dijalani. Para personel dari BTS dibolehkan menggelar konser meski sedang menjalani wajib militer.

Wajib militer alias wamil memang menjadi sebuah regulasi wajib bagi pemuda berusia di bawah 30 tahun di Korea Selatan. Peraturan wamil ini pun juga turut berlaku bagi para idol K-Pop.

Jin BTS merupakan personil tertua di BTS yang kini berusia 29 tahun. Itu artinya, tahun depan merupakan batas akhir Jin untuk daftar wajib militer atau jika tidak maka bisa beresiko masuk penjara.



Dikarenakan BTS telah banyak membantu mengangkat perekonomi Korea Selatan, maka keringanan pun akan diberikan oleh para member BTS terkait wajib militer. Menteri Pertahanan Korea Selatan (Korsel), Lee Jong-sup, melalui rapat di parlemen, Senin (1/8/2022), mengizinkan BTS tetap bisa manggung meski sedang menjalani wajib militer.

"Setelah pertimbangan, kementerian pertahanan nasional telah menyimpulkan bahwa departemen dapat membantu mereka (BTS) berlatih dan tampil untuk keuntungan nasional tanpa melanggar prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan," kata Lee Jong Sup di majelis nasional, dikutip dari Allkpop.

Seperti diketahui, di Korea Selatan sendiri pengecualian wajib militer hanya diberikan kepada beberapa atlet elit, seperti peraih medali Olimpiade, serta musisi klasik. Namun, hal ini tidak berlaku bagi bintang pop yang tidak memenuhi syarat.

Sebelumnya, Jin BTS telah mengaku siap jika ia dipanggil oleh negara untuk wajib militer. Baginya, wajib militer merupakan suatu keharusan sebagai bukti pengabdian kepada negaranya.

"Sebagai pemuda Korea Selatan, saya percaya wakin militer adalah hal yang wajar. Dan seperti yang selalu saya katakan, saya akan menjawab panggilan negara kapan pun itu datang," kata Jin pada tahun 2020.


(Rifqi Fadhillah / Image: Dok. White House)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE