MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

Tips Merawat Kulit Berjerawat Buat Kamu Yang Pemalas

BY NINA NATASYA 03 Aug 2022
Tips Merawat Kulit Berjerawat Buat Kamu Yang Pemalas

Kalau kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat dan sudah mencoba berbagai macam perawatan kulit untuk mengatasinya.. Jangan berhenti membaca, ya! Apa kamu pernah merasa lelah dengan 10-step skincare regime ala K-beauty? Baru saja hari ke-5 mencobanya, tetapi kamu sudah merasa rutinitas ini bukan untukmu karena menghabiskan cukup banyak waktu. Bisa jadi, kamu salah satu tipe perempuan yang memilih kesimpelan dan kepraktisan dalam hidup. Atau, bisa jadi, kamu salah satu perempuan yang pemalas (seperti saya) dalam melakukan ritual kecantikan. And it’s okay! Gak salah, kok, jika ingin menghabiskan waktu luang sehabis bekerja untuk binge-watching serial tv terbaru dibandingkan memakai perawatan kulit berlapis-lapis. Nah, berikut adalah rutinitas perawatan kulit “malas” yang hanya menghabiskan waktu 3 menit. Psst.. Gak kalah efektif nya, lho, untuk mengatasi jerawat!

 

RITUAL PAGI

 

STEP 1: Cuci Wajah

Kamu pasti sudah tahu, dong, bahwa ritual mencuci wajah sangatlah penting dan gak boleh kamu lupain setiap bangun tidur (pagi hari) serta sebelum tidur (malam hari). Tapi, tahukah kamu bahwa gak perlu menggunakan pencuci wajah anti jerawat buat si kulit yang berjerawat? Yup, kenyataannya, beberapa sabun jerawat terlalu keras sehingga menyebabkan kulit kering.

Bukannya menyembuhkan wajahmu dari jerawat, tetapi malahan bisa merusak barrier kulit yang memberikan kelembapan alami, sehingga membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat. Jadi, pilihlah sabun wajah yang tepat dengan memperhatikan komposisi-nya, terutama jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas sulfat, seperti yang memiliki tekstur gel, pembersih ini dapat melarutkan minyak berlebih, kotoran dan bakteri tanpa melucuti lapisan pelindung kulit.

 

CobaAvoskin Natural Sublime Facial Cleanser, COSRx Low PH Good Morning Gel Cleanser atau Simple Refreshing Facial Wash.

 

 

STEP 2: Gunakan Pelembap

Kulit berminyak dan berjerawat 100% membutuhkan kelembapan. Bahkan jika kamu memiliki kulit berminyak sekalipun. Tanpa kelembapan, kelenjar minyak malahan akan memproduksi lebih banyak untuk mengompensasi kulit yang lebih kering. Keterbalikan dari yang kamu inginkan, right?

Jaga kelembapan kulit agar seimbang dan terhidrasi dengan menggunakan pelembap ringan yang bebas minyak (gunakan formula lotion jika kulitmu kering/kombinasi dan formula gel jika kulitmu berminyak) yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi seperti asam hyaluronat (hyaluronic acid), gliserin (glycerin), atau ceramide.

 

 

Coba : Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme, atau WASO Color Smart Day Moisturizer Oil Free.

 

STEP 3: Harus. Pakai. Sunscreen.

Pernah, gak, punya bekas jerawat menghitam yang susah sekali hilangnya bahkan sampai berminggu-minggu? Nah, paparan sinar UV dari matahari yang memperburuk hal tersebut. Jadi, jangan sampai kamu kelupaan untuk menggunakan sunscreen setiap pergi ke luar rumah. Khususnya, jika matahari sedang terik. Meskipun kamu tidak beraktivitas di outdoor, sinar UV bisa menembus kaca jendela juga, lho.

Pastikan sunscreen yang kamu gunakan memiliki (1) SPF minimal 30 atau lebih, yang mana direkomendasikan oleh para dokter kulit, (2) memiliki perlindungan spektrum luas untuk UVA dan UVB, yakni SPF untuk UVA dan PA+ untuk UVB, serta (3) non-comedogenic alias tidak menyumbat pori-pori.

 

Coba : Anessa New Perfect UV Sunscreen Skincare Gel, Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++, atau SUPERGOOP! Unseen Sunscreen Broad Spectrum Sunscreen SPF 40 PA+++.

 

RITUAL MALAM

 

 

STEP 1: Cuci Wajah

Tak peduli betapa lelahnya dirimu, kamu harus membersihkan wajah sebelum tidur. Jangan hanya membersihkan dengan micellar water ataupun makeup wipes saja, karena 2 produk tersebut tidak betul-betul membersihkan residu yang terdapat dalam pori-porimu. Malahan jika kamu menggunakan makeup, Cosmo sarankan untuk double cleansing menggunakan cleansing balm untuk membuat makeup “leleh” secara sempurna, kemudian bilas wajah menggunakan pencuci wajah.

 

 

STEP 2: Gunakan Acne Treatment

 

Nah, untuk di malam hari, saatnya mengobati jerawat dengan produk khusus untuk mengurangi kulit yang berjerawat. Contohnya serum ataupun gel dengan kandungan aktif yang efektif seperti Adapalene, Salicylic acid, Benzoyl Peroxide atau Niacinamide.

Jika kamu memiliki masalah dengan komedo hitam, komedo putih, tekstur tidak merata, gunakan Adapalene atau Salicylic acid untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Sedangkan jika kamu memiliki jerawat merah yang meradang, pilih produk yang mengandung Benzoyl Peroxide atau Niacinamide.

 

Coba : Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Liquid Perfector, atau Erha Acne Spot Gel.

 

 

STEP 3: Gunakan Pelembap

Tunggu beberapa menit setelah mengaplikasikan produk khusus acne untuk menyerap sempurna, lalu gunakan pelembap di seluruh wajah. FYI, kamu gak perlu menggunakan krim malam yang berbeda dengan pagi hari, kok. Malahan jika terlalu banyak menggunakan produk dengan kandungan berbeda, bisa jadi menimbulkan iritasi kulit yang kamu gak inginkan, atau malah menjadikan salah satu kandungan tidak efektif karena tidak cocok digunakan bersamaan.

 

 

Nah, ritual tadi simpel dan mudah diikuti, kan? Jangan lupa bahwa ritual kecantikan apapun tidak akan memberikan hasil yang instan, alias memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan kulit yang lebih baik. Remember: consistency is the key! Good luck, girls.

 

(Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Penulis: Lauren Balsamo / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Nina Natasya).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE